5 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Variasi lensa yang banyak, membuat bingung untuk menentukan pilihan dalam membeli lensa. 5 jenis lensa berserta fungsinya akan dibahas pada artikel ini.

LENSA KIT

Photo By @manuelbudijono ©kelasfotografi.id

Saat membeli kamera pasti akan ada paketan dengan lensa. Lensa tersebut disebut dengan istilah lensa kit. Dengan menggunakan lensa kit, hampir semua jenis fotografi sehari-hari dapat kalian ambnil, karena lensa ini memiliki sisi wide (18mm) dan sisi telephoto (55mm).

Bahan yang dingunakan lensa kit biasanya dibuat dari material yang biasa, sehingga harganya relatif bersahabat. Variable aperture dimana angka F akan berubah-ubah sesuai dengan focal length yang digunakan.

LENSA TELEPHOTO

Photo By @manuelbudijono ©kelasfotografi.id

Biasanya lensa ini disingkat dengan lensa Tele. Dengan angka focal length diatas 70mm (55mm pada sensor APSC), lensa tele dapat membuat objek-objek yang jauh tampak lebih dekat.

Penggunaan lensa ini biasanya untuk para fotografer acara atau event yang dimana kita tidak dapat mendekati objek. contohnya pertandingan sepak bola ataupun acara konser music.

LENSA FIX

Photo By @manuelbudijono ©kelasfotografi.id

Lensa yang hanya mempunyai satu focal length contohnya saja 50mm. Susahnya menggunakan lensa ini adalah kalian tidak dapat melakukan zoom in atau zoom out. Dibalik kelemahannya, terdapat aperture yang lebar yang dapat menghasilkan foto dengan bokeh dan ketajaman yang tinggi. Tak heran bila lensa ini disebut RAJA BOKEH.

Lensa fix sering digunakan untuk memotret foto portrait atau orang karena lensa ini memiliki ketajaman yang luar biasa. Selain itu Harganya relatif murah untuk varian yang 50mm cocok sebagai lensa kedua setiap fotografer.

LENSA WIDE

Photo By @manuelbudijono ©kelasfotografi.id

Sama seperti namanya, lensa ini mempunyai sudut pandang yang sangat lebar. Karena kemampuannya untuk memasukan objek lebih banyak kedalam frame, lensa wide sangat cocok untuk para pecinta fotografi lanskap. Ciri lensa ini adalah focal length dibawah 24mm (18mm pada sensor APSC).

Selain efek luas, lensa ini akan menimbulkan distorsi pada setiap sudut foto. Bagi para traveler atau pecinta lanskap wajib memiliki lensa wide ini.

LENSA MAKRO

Photo By @manuelbudijono ©kelasfotografi.id

Lensa makro memiliki kemampuan untuk memperlihatkan detail-detail pada objek yang kecil. Dengan menggunakan lensa ini kalian dapat memotret close-up objek seperti serangga ataupun tetesan air.

Harga lensa makro relatif mahal, hanya para fotografer yang serius dalam bidang tersebut yang biasanya memiliki lensa ini.

Semoga artikel dapat menjadi jawaban bagi kalian. Salam motret!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Cara Edit Foto | Belajar Editing Adobe Lightroom untuk Pemula Kelas #3

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa ShareSekarang kita akan memolai mengenai proses editing untuk aplikasi adobe lightroom. Untuk mengedit foto pastikan tab DEVELOP pada kanan atas terpilih. BASIC Temp: untuk mengatur suhu warna memberikan mood kuning ataupun biru pada foto Tint: untuk mengatur suhu warna, memberikan warna hijau ataupun pink Exposure: untuk mengatur terang gelapnya foto. […]