5 Kelebihan Memotret Dengan Format RAW

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Saat memotret menggunakan DSLR ataupun Mirrorless pasti muncul pilihan memotret dengan format RAW. Mengapa harus menggunakan RAW? Berikut penjelasannya:

KUALITAS TERBAIK DARI KAMERA

Ketika memotret menggunakan RAW, artinya kalian memanfaatkan kualitas terbaik dari seonsor kamera. Hal ini memberikan level detail foto dengan kualitas terbaik, serta semua settingan kamera akan tercatat kedalam file.

MENGUBAH WB DENGAN MUDAH

Saat menggunakan format JPEG, WB (white balance) akan lansung diaplikasikan pada foto. Dengan menggunakan RAW kalian dapat memotret tanpa perlu khawatir memikirkan WB yang tepat. WB dapat diubah dengan mudah saat post processing tanpa merusak file foto.

MUDAH MEMPERBAIKI FOTO OVER/UNDER EXPOSED

Bila foto yang kalian ambil terlalu terang atau gelap, hal tersebut bukanlah masalah besar. Pada saat post processing, kalian dapat menerangkan hingga nilai +5 ataupun menggelapkan foto dengan nilai -5.

DETAIL FOTO LEBIH TINGGI

Detail foto tersimpan dalam format RAW lebih tinggi. Pada saat post processing, algoritma untuk sharpening dan noise reduction akan bekerja lebih optimal sehingga foto terlihat lebih natural.

NON-DESTRUCTIVE EDITING

Saat melakukan editing kalian tidak akan mengurangi kualitas foto. Bila terjadi kesalahan, kalian dengan mudah mengembalikannya ke settingan aawal tanpa merusak foto.

Bagaimana? Sudah paham kah mengenai kelebihan memotret menggunakan RAW? Semoga artikel ini berguna, SALAM MOTRET!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Cara Edit Foto | Belajar Editing Adobe Lightroom untuk Pemula Kelas #3

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa ShareSekarang kita akan memolai mengenai proses editing untuk aplikasi adobe lightroom. Untuk mengedit foto pastikan tab DEVELOP pada kanan atas terpilih. BASIC Temp: untuk mengatur suhu warna memberikan mood kuning ataupun biru pada foto Tint: untuk mengatur suhu warna, memberikan warna hijau ataupun pink Exposure: untuk mengatur terang gelapnya foto. […]