5 Tips Foto Tajam Dalam Kondisi Minim Cahaya

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Susahnya motret saat kondisi minim cahaya ini masalah yang paling sering dialami oleh semua fotografer. Gara-gara kurang cahaya akhirnya shutter speed kita jadi lambat, trus foto-foto yang kita ambil hasilnya nge-blur semua. Bagaimana cara mengatasinya?

Gunakan Tripod atau Monopod

Senjata terbaik saat motret kondisi gelap adalah menggunakan tripod atau monopod. Dengan menggunakan tripod kalian dapat menghindari motion blur yang disebabkan oleh getaran tangan.

Jangan Takut Untuk Menaikan ISO

Bila dalam kondisi sedikit cahaya jangan ragu-ragu untuk menaikan ISO ke 3200 ataupun ke 6400. Hal tersebut untuk menjaga agar gambar tidak ngeblur akibat shutter speed yang terlalu lambat.

Gunakan Lensa Bukaan Lebar

Gunakan lensa dengan bukaan lebar, salah satunya adalah lensa fix 50mm F1.8. Lensa dengan bukaan lebar membantu agar cahaya dapat masuk lebih banyak. Serta dapat menjaga kita untuk memakai ISO rendah dan shutter speed yang cepat.

Jaga Shutter Speed

Shutter speed yang lambat ini sebenarnya penyakit utama foto gelap. Bila tidak menggunakan tripod pastikan selalu menjaga shutter speed jangan sampai lebih lambat dari 1/60. Bila shutter speed lebih lambat ada kemungkin getaran tangan kita saat memotret membuat gambar tidak tajam.

Gunakan Cahaya Buatan

Bila memang kondisi sudah terlalu gelap. Mau tidak mau harus tambah cahaya dong. Salah satunya dengan bantuan flash ataupun LED. Dengan bantuan cahaya buatan ini akan menerangkan subjek yang akan kita foto dan akan menjaga shutter speed agar tidak terlalu lambat.

Semoga 5 tips ini berguna bagi kalian salam motret!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Cara Edit Foto | Belajar Editing Adobe Lightroom untuk Pemula Kelas #3

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa ShareSekarang kita akan memolai mengenai proses editing untuk aplikasi adobe lightroom. Untuk mengedit foto pastikan tab DEVELOP pada kanan atas terpilih. BASIC Temp: untuk mengatur suhu warna memberikan mood kuning ataupun biru pada foto Tint: untuk mengatur suhu warna, memberikan warna hijau ataupun pink Exposure: untuk mengatur terang gelapnya foto. […]