Memori Palsu? Kapasitas SD Card Berbeda dengan Yang Tertera

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Kalau kalian membaca artikel ini paling tidak kalian pasti memiliki sebuah HP. Saya yakin kalian pernah membeli sebuah kartu memori untuk HP tersebut. Pernah tidak kalian membeli microSD berkapasitas 64 GB namun saat dimasukan ke HP kapasitasnya hanya 59,4 GB ?

Artikel ini berlaku untuk semua jenis memori entah itu SDcard, MicroSD, Hardisk eksternal, Flashdisk dll. Sebelum kita masuk lebih dalam saya akan memerikan sedikit pengertian dahulu.

Pemahaman Manusia

Sebagai manusia kita terbiasa dengan satuan milimeter, meter, kilometer benar tidak? Bila kita mendapatkan pertanyaan 1000 mm sama dengan brapa meter? Dengan cepat kita dapat menjawab bahwa 1000 mm = 1 m

Begitu juda dengan kapasitas data yang tertera di dalam kartu memori.

  • 1 GB = 1000 MB
  • 1 MB = 1000 KB
  • 1 KB = 1000 B (Byte)

Byte merupakan satuan terkecil dalam kapasitas memori.

Pemahaman Komputer

Sedangkan untuk gadget dan perangkat elektronik kita memiliki pemahaman yang berbeda dengan ktia manusia. Pemahaman tersebut dinamakan BINARY dimana:

  • 1 GB = 1024 MB
  • 1 MB = 1024 KB
  • 1 KB = 1024 B (Byte)

Selisih 24 ini yang membuat seolah-olah kapasitas kartu memori yang kita beli berbeda.

Cara Hitung

Contoh disini saya membeli memori dengan kapasitas 64 GB. Saat dimasukan ke HP memori yang tertera 59,4 GB. Artinya memori tersebut punya 64.000.000.000 Byte. Saat dimasukan ke perangkat terjadi perbedaan conversi sehingga perlu dibagi dengan 1024 sebanya 3 kali.

64.000.000.000/ 1024/ 1024/ 1024 = 59,6 GB

Disini masih ada selisih 0,2 GB hilang kemana? sisa 0,2 ini akan digunakan sistem HP untuk mengoptimalkan data yang di kartu memori. Besarnya memori yang digunakan untuk istem ini bervariasi semakin besar kapasitas tentunya semakin besar pula data yang digunakan untuk sistem.

Kalau beli memori berkapasitas 32 GB berarti akan terbaca berapa? tentunya kalian dapat menghitung sendiri menggunakan rumus diatas. Jangan lupa juga dikurangi dengan memori sistem.

Semoga artikel ini dapat membuka wawasan dan membantu kalian dalam memahami rahasia dibalik hilangnya kapasitas memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

5 Kemalasan Fotografer Yang Perlu Diubah

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa ShareSetiap orang memiliki kebiasaan entah itu baik ataupun buruk. Artikel ini akan membahas 5 kebiasaan buruk sebagai seoarang forografer yang harus kamu ubah. MALAS NGE-CAS BATERAI Baru ngambil 4 sampai 5 foto, munculkah tulisan “low battery”. Satu hari sebelum sesi pemotretan pastikan baterai di cas dulu agar tidak mengalami nasib […]

Memory Card Sandisk Original VS Palsu

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa Share

Suka Artikel Ini? Jangan Lupa ShareBeberapa saat yang lalu saya membeli micro sd palsu yang dijual dengan harga hampir sama dengan harga asli. Saya sebenarnya sudah tahu sih kalau toko yang saya cari ini menjual barang palsu. Namun tetap saya beli agar saya dapat berbagi pengalaman ini ke kalian. Kondisi Paket Paket dipacking rapi, Tidak […]